BALANGAN, REPORTASE9.ID – Untuk meningkatkan mutu pelayanan di RSUD Datu Kandang Haji, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan menggandeng pakar dan akademisi dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk merancang solusi berbasis kajian ilmiah.
Langkah ini ditandai melalui pelaksanaan ekspose pendahuluan penyempurnaan sistem pelayanan kesehatan yang digelar bersama Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ULM, Senin (06/10/2025) kemarin.
Kepala Bapperida Balangan, Rahmadi Yusni menegaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah untuk menanggapi kebutuhan masyarakat secara ilmiah dan berkelanjutan.
“Hari ini kami melaksanakan ekspose sebagai bentuk respon pemerintah daerah terhadap kebutuhan masyarakat. Rumah Sakit Datu Kandang Haji adalah kebanggaan sekaligus harapan warga Balangan, karena itu kami berupaya memperbaikinya melalui kajian ilmiah bersama ULM,” ujarnya.
Menurutnya, pelibatan ULM dalam proses ini diharapkan dapat memberikan solusi jangka pendek dan jangka panjang yang sesuai dengan kebutuhan layanan kesehatan lokal.
Sementara itu, Direktur RSUD Datu Kandang Haji Balangan, drg. Sudirman mengungkapkan, ekspose ini juga merupakan tindak lanjut dari dorongan DPRD Kabupaten Balangan yang mendorong adanya perbaikan menyeluruh di rumah sakit daerah tersebut.
“Kami berterima kasih atas kontribusi semua pihak dalam ekspose awal ini. Kegiatan ini diinisiasi DPRD Balangan karena adanya berbagai kendala dan keluhan masyarakat. DPRD kemudian meminta Bapperida untuk menindaklanjuti melalui ekspose yang dilaksanakan hari ini,” jelasnya.
Ia juga menegaskan, rumah sakit terus berupaya untuk berkembang menjadi RS bertaraf madya, dengan kemampuan menyediakan layanan empat spesialis dasar: kanker, jantung, saraf, dan urologi.
Kegiatan ekspose ini menjadi momentum strategis dalam transformasi layanan kesehatan di Balangan. Dengan dukungan akademisi, pemerintah, dan legislatif, RSUD Datu Kandang Haji diharapkan mampu memberikan pelayanan yang lebih profesional, merata, dan berorientasi pada kepuasan pasien.
Comments