BANJAR, REPORTASE9.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar bersama BPJS Kesehatan Kantor Cabang Banjarmasin menegaskan komitmen untuk memperkuat layanan kesehatan berbasis digital melalui kegiatan Evaluasi Pengelolaan Kerja Sama Fasilitas Kesehatan BPJS yang digelar di Aula Bappedalitbang Martapura, Kamis (17/07/2025).
Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar HM Hilman,dan forum ini menghadirkan para pemangku kepentingan sektor kesehatan di Kabupaten Banjar, mulai dari kepala puskesmas hingga pihak swasta penyedia layanan medis. Tujuannya, mengevaluasi efektivitas kerja sama serta mendorong integrasi sistem layanan berbasis teknologi.
Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Banjarmasin, Asmar mengungkapkan, hingga saat ini telah terjalin kemitraan dengan 44 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di wilayah Banjar.

Rinciannya meliputi 24 Puskesmas, 11 TPMD, 5 Klinik Pratama, dan 4 TPMDG. Ia juga menyoroti peningkatan signifikan dalam penerapan layanan digital
“Transformasi digital ini memungkinkan peserta JKN untuk melakukan pendaftaran dan antrean secara lebih praktis. Ini mengurangi kepadatan di fasilitas layanan dan meningkatkan efisiensi pelayanan,” jelasnya.
Sementara itu, Sekda Banjar, HM Hilman menegaskan, pentingnya evaluasi sebagai upaya menjamin pelayanan yang berkualitas dan merata bagi masyarakat. Ia menekankan bahwa sistem yang terintegrasi dan efisien menjadi tuntutan zaman.
“Kami ingin memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik, dari tingkat pertama hingga rujukan lanjutan, dan kini juga melalui sistem digital yang efisien,” ujarnya.
Lebih jauh, ia menyebut bahwa Pemkab Banjar akan terus mendukung ekosistem kesehatan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi, demi peningkatan mutu layanan yang berkelanjutan.
Kegiatan ini ditutup dengan sesi diskusi dan pemetaan tantangan serta peluang kerja sama ke depan. Rekomendasi dari forum tersebut akan dijadikan acuan dalam memperkuat implementasi sistem JKN yang lebih responsif dan inklusif di Kabupaten Banjar.
Comments