DaerahKabupaten Banjar

SP4N LAPOR Jadi Wadah Digital Aspirasi Masyarakat, DKISP Banjar Dorong Pemanfaatan Maksimal

0

BANJAR, REPORTASE9.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar terus mendorong pemanfaatan teknologi digital sebagai jembatan komunikasi dua arah antara masyarakat dan pemerintah. Melalui sosialisasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang terintegrasi dalam Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Banjar memperkenalkan sistem ini kepada berbagai elemen masyarakat, Kamis (25/09/2025) pagi.

Sosialisasi yang berlangsung di Kampung Nusantara Resort, Tanjung Rema Darat, Martapura, menyasar peserta dari organisasi kemasyarakatan (Ormas), pelajar, BUMD, hingga perwakilan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Kepala DKISP Banjar, HM Aidil Basith menegaskan, pentingnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan, salah satunya melalui kanal aduan publik yang efektif dan transparan.

“Masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya melalui aplikasi LAPOR SP4N untuk ditanggapi oleh SKPD terkait, sesuai dengan laporan yang disampaikan,” tegasnya.

Narasumber utama dari Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yaitu Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang Komunikasi Publik, Chairun Ni’mah, turut memperkenalkan ragam kanal pelaporan yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

“Aspirasi dapat disampaikan melalui website www.lapor.go.id, aplikasi mobile SP4N LAPOR yang tersedia di Play Store dan App Store, atau melalui SMS ke 1708,” jelasnya.

Menurutnya, inovasi digital seperti SP4N LAPOR membuka ruang dialog langsung antara masyarakat dengan pemerintah daerah tanpa batasan waktu dan tempat.

Ia menambahkan, sistem ini tak hanya menjadi sarana penyampaian keluhan, namun juga bagian dari visi besar pelayanan publik nasional yang transparan, akuntabel, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat serta mendukung visi besar Indonesia Maju menuju Indonesia Emas 2045.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kabid Informasi dan Komunikasi Publik DKISP Banjar, Noor Syawli Syahri, yang memberikan paparan materi mengenai pentingnya literasi digital dan keterlibatan aktif masyarakat dalam proses pengawasan pelayanan publik.

Melalui sosialisasi ini, Pemerintah Kabupaten Banjar berharap semakin banyak warga yang melek teknologi dan mampu memanfaatkannya sebagai alat kontrol sosial yang konstruktif.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

More in Daerah